Rencanakan Keuangan Bersama Pasangan

Rencanakan Keuangan Bersama Pasangan

Perencanaan Keuangan KeluargaKeuangan keluarga sering membuat pusing. Bagaimana cara mengatur keuangan agar bisa sampai sebulan. Terkadang, suami menyerahkan pengaturan keuangan keluarga pada istri, dan sering kali jika misalnya keuangan ternyata tidak mencukupi hingga akhir bulan, terjadi masalah.

Inilah kenapa merencanakan keuangan keluarga harus dilakukan bersama – sama pasangan dengan penuh pengertian satu sama lain. Sebab, menurut banyak penelitian, salah satu sumber masalah utama rumah tangga adalah keuangan.

Karena itu, Lea Ann Knight, CFP, ahli dan penasihat keuangan anggota Asosiasi Penasihat Keuangan Amerika Serikat, NAPFA, menuturkan perlunya komunikasi dua arah yang berjalan imbang agar merencanakan keuangan bisa menyenangkan dan tak membebani salah satu pihak. Berikut tips yang dianjurkan Lea Ann yang mungkin bisa anda terapkan:

  • Ketahui tipe pasangan. Ada dua tipe orang dalam manajemen keuangan: Spender dan Saver. Seperti artinya, spender adalah tipikal orang yang gemar membelanjakan uangnya. Sedangkan saver lebih cenderung menyimpan dan mengatur uang. Jika anda sudah mengetahui tipe seperti apa pasangan anda, maka anda bisa mulai berdiskusi tentang keuangan keluarga.
  • Ingatlah bahwa Anda berdua adalah satu tim. Tujuan mengatur dan merencanakan keuangan harus dipahami bersama sebagai tujuan yang harus dilaksanakan kedua belah pihak dengan disiplin.
  • Cari waktu yang tepat untuk berdiskusi soal keuangan. Jangan sampai, membicarakan keuangan saat salah satu pasangan dalam mood yang kurang baik.
  • Pahami juga bahwa tak semua harus sama dan sepaham. Anda dan pasangan adalah dua individu yang berbeda dan tentunya tidak selalu setuju akan segala hal, termasuk dalam hal pengaturan keuangan keluarga. Saling koreksi, saling evaluasi, akan jadi momen yang menyenangkan agar perencanaan keuangan pun bisa lebih dinamis.
  • Jangan segan untuk mencari bantuan pihak ketiga. Misalnya, dengan mendatangi perencana keuangan. Ibarat bercermin, kita bisa melihat banyak kelebihan atau kekurangan dengan meminta bantuan orang lain.

Perencanaan keuangan keluarga memang terkadang susah, tetapi dengan diskusi bersama pasangan, maka perencanaan keuangan bisa dengan mudah dilakukan. Dengan komunikasi yang transparan dan terbuka dengan pasangan, merencanakan keuangan keluarga bisa lebih menyejahterakan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: