Menyiapkan Dana Pendidikan

Menyiapkan Dana Pendidikan

Persiapan Dana untuk Pendidikan AnakBiaya pendidikan terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika tak disiapkan sejak dini, bisa jadi nantinya kita bisa mengalami kesulitan dengan biaya pendidikan anak. Untuk mengantisipasi ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kita bisa menyiapkan dana untuk pendidikan anak kita nantinya…

  • Menentukan “Calon” Sekolah Anak. Jangan sampai, anak “dipaksa” untuk sekolah yang kurang sesuai dengan kemampuannya. Dan, lihat pula kemampuan finansial kita sebagai orangtua. Tentukan beberapa sekolah yang sesuai dengan kemampuan anak kita dan juga kemampuan finansial kita.
  • Hitung perkiraan biaya sampai jenjang tertinggi. Seberapa kemampuan kita untuk membiayai pendidikan anak harus kita cermati. Untuk itu, coba cari informasi sebanyak mungkin tentang kemungkinan biaya yang harus kita keluarkan dari TK hingga perguruan tinggi.
  • Perkirakan tingkat inflasi dan bunga. Biasanya, dengan tahu tingkat inflasi, biaya yang akan kita bayar di masa depan bisa lebih diperkirakan dengan tepat. Jangan sampai, uang yang saat ini nilainya “dianggap” cukup besar, di masa mendatang ternyata nilainya turun drastis.
  • Cobalah atur berapa yang akan dikeluarkan per bulan untuk dana pendidikan. Setelah tahu berapa yang dibutuhkan, disiplinkan diri untuk menyisihkan uang—baik dengan ditabung atau membeli asuransi pendidikan — sehingga sudah ada dana cadangan yang benar-benar siap suatu saat nanti.
  • Pertimbangkan investasi yang akan dipakai untuk menyiapkan dana pendidikan. Tingkat inflasi, suku bunga, dan berbagai kejadian yang tidak bisa diperkirakan di masa depan juga harus diantisipasi. Salah satu investasi yang minim risiko adalah dengan menanamkan uang di asuransi pendidikan. Sebab, jika terjadi sesuatu pada kita, maka asuransi akan segera meng-cover semua biaya.

Pendidikan anak adalah yang utama dan sudah menjadi kewajiban orang tua untuk mendahulukan kepentingan anak dari apapun. Dengan menyiapkan dana untuk pendidikan anak dari sekarang, pendidikan anak bisa lebih terjamin. Nah, apa pilihan Anda? Yang pasti, jangan menunda untuk merencanakan pendidikan anak. Semakin cepat, makin baik bagi Anda dan anak anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: