Kenalilah Hutang Baik dan Hutang Buruk

Tips & Saran Tentang Finansial

Kenalilah Hutang Baik dan Hutang Buruk

Hutang yang buruk dalam jangka waktu panjang akan menggerogoti finansial kita dengan bunganya yang tinggi. Namun, ternyata tidak semua hutang itu bersifat buruk, ada juga hutang yang baik yang dapat membantu kehidupan finansial kita. Nah, yang manakah hutang baik dan yang manakah hutang buruk?

Hutang yang baik adalah hutang digunakan untuk investasi jangka panjang. Kedepannya, hutang ini akan memberikan manfaat secara finansial bagi kita.Ada tiga jenis hutang yang tergolong sebagai hutang baik:

  • Hutang KPR (Kredit Kepemilikan Rumah)
    Yaitu, hutang yang digunakan untuk membeli rumah. Hutang ini bersifat baik karena nilai rumah cenderung meningkat dari tahun ke tahun.
  • Hutang Keperluan Edukasi
    Untuk mengambil S1 di universitas swasta ternama, uang kuliah secara keseluruhan sudah mencapai puluhan juta. Oleh karena itu, berhutang untuk edukasi dapat menjadi salah satu pilihan. Setelah tamat kuliah, nilai pendapatan orang tersebut akan meningkat. Jadi, hutang untuk edukasi dalam jangka waktu panjang akan memberikan efek positif ke cashflow orang tersebut.
  • Hutang untuk Membuka Usaha
    Hutang ini tergolong baik karena usaha tersebut bisa memberikan penghasilan tambahan. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa membuka usaha adalah tindakan yang beresiko. Cukup banyak usaha yang kurang laku hingga akhirnya bangkrut.

Hutang yang buruk adalah hutang yang digunakan untuk barang yang nilainya semakin lama semakin kecil, atau yang lebih buruk lagi bila digunakan untuk barang konsumtif yang nilainya langsung habis. Contohnya adalah:

  • KKB (Kredit Kendaraan Bermotor)
    Dianggap buruk karena nilai kendaraan bermotor cenderung semakin kecil dari waktu ke waktu. Jumlah kendaraan bermotor tidak perlu banyak-banyak, terlebih lagi karena sekarang pemerintah menerapkan pajak progresif dimana semakin banyak kendaraan Anda, maka presentase pajak yang dikenakan akan semakin besar.
  • Berhutang untuk Membiayai Liburan
    Dianggap buruk, sebab uang yang Anda belanjakan akan lenyap seluruhnya begitu liburan Anda selesai. Anda boleh berlibur sebanyak yang Anda mau, dengan syarat Anda mampu membayar liburan tersebut.
  • Berhutang untuk Membeli Barang Kebutuhan Sehari-hari
    Seperti makanan, pakaian dan lain-lain akan berbahaya bagi finansial Anda. Apabila Anda tidak dapat melunasi seluruh tagihannya pada bulan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: