Cegah Pengeluaran yang Tak Perlu

Cegah Pengeluaran yang Tak Perlu

Pengeluaran yang tak perluGodaan untuk belanja selalu datang dari mana saja. Apalagi, saat musim diskon tiba. Agar keuangan tak mengalami masalah, kita harus bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu. Hal apa saja yang bisa kita lakukan agar pengeluaran tak sampai membengkak?

  • Buat daftar belanja. Sebelum sampai di mall; supermarket; warung; dan sejenisnya, kita harus mencatat daftar belanja kebutuhan. Hal ini untuk menghindarkan kita dari pembelian barang yang tak perlu.
  • Beli stok barang untuk jangka waktu sebulan sekaligus. Faktanya, membeli barang dalam jumlah banyak biasanya akan lebih murah. Selain itu, hal ini juga akan membuat kita lebih jarang untuk pergi ke toko sehingga tak mudah melihat godaan barang yang tidak perlu.
  • Sering-seringlah melihat koleksi barang di lemari. Biasanya, kita sering membeli barang, terutama baju dan sejenisnya, hanya karena godaan diskon. Dengan lebih sering melihat tumpukan baju di lemari, kita akan tahu bahwa ternyata banyak koleksi kita yang masih jarang dipakai.
  • Usahakan selalu bawa kalkulator. Cara ini berguna sebagai alat deteksi kita untuk menjumlahkan harga barang yang sudah dibeli.
  • Biasakan belanja justru saat tanggal-tanggal tua. Cara ini untuk menghindari pemborosan, karena jika belanja di tanggal muda saat uang masih banyak, akan lebih mudah tergoda.
  • Alokasikan uang dan disiplinlah dengan aturan yang telah dibuat. Saat menerima uang (gaji atau bonus), segeralah bagi porsi untuk menabung; biaya sehari-hari; belanja, hiburan; dan kebutuhan lainnya.

Berhemat sebenarnya hanyalah masalah kebiasaan. Oleh karena itu, dengan membiasakan diri untuk disiplin dan tidak mudah tergoda untuk belanja keperluan yang tidak perlu, maka kita bisa melakukan lebih banyak penghematan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: