Bebasnya Hidup Tanpa Utang

Bebasnya Hidup Tanpa Utang

hidup tanpa utangKebutuhan yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan jaman, sementara penghasilan tidak juga bertambah akhirnya sering membuat orang terjebak dalam utang. Jika utang dimanfaatkan untuk sesuatu yang produktif—misalnya membuka usaha kecil—tentu sah-sah saja. Tapi, kebanyakan utang justru digunakan untuk keperluan konsumtif. Dan akhirnya hidup tersiksa karena terbelit utang.

Hidup tenang dan tentram tanpa terganggu utang adalah keinginan semua orang. Lantas, bagaimana agar bisa bebas utang dan bisa lebih menikmati hidup? Berikut ini adalah kiat praktis yang dirangkum dari sejumlah perencana keuangan agar Anda bisa hidup bebas dari utang.

  • Prioritaskan untuk melunasi utang dengan bunga tinggi, misalnya kartu kredit. Sebab, bunga yang diberikan cicilan kartu kredit, jauh lebih besar bebannya dari tingkat bunga bank atau deposito.
  • Lunasi juga utang yang sifatnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga, misalnya bayar uang sekolah anak, rekening listrik dan sebagainya.
  • Lihat kembali barang yang dibeli dengan utang. Misalnya mobil. Tanyakan pada diri sendiri, apakah memang mobil benar – benar diperlukan? Atau, apakah nilainya sudah sesuai dengan kemampuan Anda membayar cicilan tiap bulannya?
  • Kalkulasikan seluruh utang yang ada beserta kemungkinan beban bunganya. Jadikan angka tersebut sebagai patokan untuk segera dialokasikan pelunasannya. Dengan cara ini, kita akan tahu jumlah utang yang sudah menumpuk sehingga kita tidak tergoda untuk berutang lagi.
  • Telusuri lagi berapa jumlah utang yang harus dibayar setiap bulan. Nilainya jangan sampai lebih dari 30% dari pendapatan setiap bulan.
  • Negosiasikanlah utang. Jika belum memungkinkan untuk dilunasi, cobalah untuk mengatur jadwal pembayaran atau bunganya.

Utang sering mempersulit hidup kita. Ada kalanya kita mencoba menghindari utang tapi malah akhirnya terjebak. Intinya, jika tak sedang terdesak, jangan biasakan berutang. Namun, jika sudah telanjur, segera lunasi sehingga hidup lebih tenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: