Tentang Asuransi Kesehatan

Q&A Tentang Asuransi Kesehatan

Seputar Asuransi KesehatanSiapa sih yang tidak pernah jatuh sakit? Tapi ternyata banyak orang yang masih ragu mengambil asuransi kesehatan. Padahal, dengan asuransi kesehatan, kita tidak perlu bingung memikirkan banyak hal saat sakit.

Menurut America’s Health Insurance Plan (AHIP), setidaknya ada beberapa pertanyaan seputar asuransi kesehatan yang perlu kita tahu jawabannya.

Tanya:
Mengapa kita perlu asuransi kesehatan?

Jawab:
Biaya perawatan kesehatan dari tahun ke tahun selalu naik. Dan, saat sakit, kita tidak pernah bisa memprediksi, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayarnya. Dengan asuransi kesehatan, kita bisa mendapat perlindungan hingga nilai tertentu yang akan meringankan beban biaya ketika sakit.

Tanya:
Darimana kita biasanya mendapat asuransi kesehatan?

Jawab:
Biasanya, sebagai karyawan, kita sudah mendapat perlindungan tersebut sesuai dengan hak kita sebagai pekerja di perusahaan yang bersangkutan. Namun, bagi yang belum mendapat perlindungan, saat ini banyak perusahaan asuransi, contohnya CIGNA, yang memberikan perlindungan dengan biaya yang bervariasi sesuai dengan kemampuan.

Tanya:
Apa saja yang harus diperhatikan saat harus membeli asuransi kesehatan?

Jawab:
Ada beberapa hal. Mulai dari berapa premi yang harus dibayarkan, apa saja yang dilindungi, apa saja keuntungan yang ditawarkan, berapa luas jaringan rumah sakit dan dokter yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut, bagaimana akses kemudahan saat dalam kondisi kritis, keuntungan-keuntungan lain di luar asuransi, dan perhatikan juga batasan-batasan yang dikecualikan oleh perjanjian yang ada.

Tanya:
Bolehkan kita mengasuransikan diri meski sudah terkena gejala sakit tertentu?

Jawab:
Aturan tentang hal ini berbeda-beda di setiap negara dan begitu juga dengan masing-masing perusahaan asuransi. Untuk itu, bertanyalah pada agen asuransi yang menawarkan asuransi, apakah perlindungan tersebut tetap tersedia dan syarat apa sajakah yang harus dipenuhi. Tanyakan detail tentang hal tersebut sehingga jika terjadi klaim suatu saat nanti, ada perjanjian tertulis yang disepakati sehingga bisa memudahkan proses klaim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: