Mengapa Premi Saya Lebih Mahal?

Mengapa Premi Saya Lebih Mahal?

Sekarang banyak asuransi yang memberikan berbagai fasilitas pilihan cara melakukan pembayaran. Ada yang bulanan, ada yang sekaligus tahunan. Dan, harga “paket”-nya pun biasanya berbeda-beda.

Saat seseorang memilih asuransi—misalnya asuransi kesehatan — biasanya dari pihak asuransi akan membantu memilihkan asuransi yang paling sesuai dengan kondisi yang bersangkutan. Karena itu, jangan heran jika masing-masing orang bisa berbeda nilai premi yang harus dibayarkannya.

Tapi, apa sebenarnya yang menyebabkan kita harus membayar lebih mahal dibanding orang lain? Berikut beberapa alasan yang perlu kita ketahui…

  • Salah satu yg paling utama adalah Usia Masuk ketika kita mendaftar asuransi. Makin tua usia kita ketika mendaftar, maka biasanya pilihan premi akan lebih mahal. Sehingga disarankan untuk mendaftar asuransi ketika kita masih dalam usia muda produktif (mulai usia 20 tahunan).
  • Asuransi punya panduan underwriting. Ini untuk mengetahui umur, jenis kelamin, dan riwayat kesehatan. Faktor inilah yang jadi penilaian risiko yang harus ditanggung. Sehingga, nilai preminya pun bisa dilihat dari keterangan underwriting.
  • Kondisi tubuh pada umumnya. Seseorang bisa dinilai dari komposisi tinggi dan berat badannya. Ini dilihat dari body mass index (BMI). Makin tinggi BMI, atau yang sudah menderita obesitas, tentu nilai pertanggungannya lebih tinggi.
  • Sejarah kondisi kesehatan. Kondisi kesehatan masa lalu dijadikan acuan untuk menentukan premi yang harus dibayar. Misalnya, apakah pernah terkena penyakit berat, pernah dioperasi, dan sebagainya.
  • Riwayat pekerjaan. Makin berisiko jenis pekerjaan yang digeluti seseorang—misalnya banyak di lapangan—makin besar pula nilai yang harus ditanggung.
  • Gaya hidup. Meski tidak mutlak, ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan perhatian pada kondisi gaya hidup seseorang. Mereka yang sering terpapar asap rokok, sering pulang dini hari, menjadi factor penilaian yang bisa membuat premi lebih mahal.

Untuk mengetahui berapa nilai asuransi yang harus kita bayarkan agar mendapatkan perlindungan maksimal, jangan segan untuk bertanya lebih jauh pada pihak asuransi yang menawarkan asuransi kepada kita. Kadang premi yang lebih mahal memang sesuai dengan kebutuhan perlindungan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: