Kiat memilih Asuransi Kesehatan

Kiat memilih Asuransi Kesehatan

March 18, 2009 by ilhamtauhid

Asuransi kesehatan saat ini memang bukan benda asing lagi. Hampir semua institusi perbankan memiliki paket asuransi kesehatan.

Namun, ada anggapan keliru di sebagian masyarakat mengenai asuransi kesehatan. Yakni premi yang kita bayarkan dianggap sebagai uang hilang. Untungnya, tidak semua beranggapan demikian. Sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai melek akan pentingnya asuransi kesehatan. Secara umum, asuransi kesehatan akan menanggung risiko-risiko yang kita alami dalam hal kesehatan.

Waspada dalam memilih. Biasanya, bagi para pegawai, perusahaan swasta tempat bekerja biasanya mengikutkan stafnya dalam asuransi kesehatan. Selain program Jamsostek (jaminan sosial tenaga kerja), tidak jarang pegawai diikutkan pula dalam asuransi kesehatan yang dipilih sesuai kebijakan perusahaan. Bagi yang berstatus PNS (pegawai negeri sipil), secara otomatis terdaftar dalam jaminan asuransi kesehatan yang digawangi pemerintah yakni PT ASKES.

Sementara, bagi anggota keluarga yang belum dilindungi asuransi kesehatan, jangan dilupakan. Sebaiknya sertakan dalam program asuransi kesehatan lain yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Karena bejibun perusahaan asuransi yang dengan iming-iming tawaran yang menarik, jangan sampai salah pilih asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum menjatuhkan pilihan, pelajari dahulu beberapa alternatif tawaran asuransi kesehatan. Pertimbangkan matang-matang agar tidak uring-uringan nantinya karena kecewa dengan produk yang tidak sesuai kebutuhan. Diantaranya, ketahui berapa lama perusahaan asuransi telah lama berdiri dan reputasi pihak asuransi dalam menangani anggotanya. Seperti kemudahan pembayaran dan penanganan terhadap klaim.

Jangan ragu-ragu saat menggali informasi dari pihak asuransi kesehatan mengenai produk yang akan dipilih. Dari informasi tersebut, Anda akan bisa memperoleh gambaran kekuatan modal perusahaan asuransi tersebut. Dan yang tpaling penting adalah memilih paket yang benar-benar sesuai kebutuhan keluarga Anda. Misalnya, cek tentang klaim persalinan jika istri Anda hamil, atau cek juga tentang klaim imunisasi wajib si kecil di tahun pertamanya. Dengan kejelian, Anda bisa mendapatkan manfaat optimal dari asuransi kesehatan pilihan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: