CIGNA SERVICE

CIGNA SERVICE
MOST FREQUENT ASKED QUESTIONS (FAQ)
KLAIM

  1. Apa yang harus dilakukan apabila saya ingin mengajukan klaim?
    • Pastikan perlindungan atas diri Anda dan keluarga dalam keadaan aktif.
    • Ikuti petunjuk klaim sebagaimana tertera dalam Polis Anda.
    • Ajukan pemberitahuan secara tertulis kepada PT Asuransi CIGNA. Perhatikan batas waktu yang telah di tentukan sejak peristiwa yang menyebutkan terjadinya klaim tersebut. Minta formulir klaim yang sesuai apabila Anda belum memiliki
    • Isi formulir klaim dengan seksama. Jawab semua pertanyaan yang ada. Sertakan dokumen penunjang. Kembalikan Formulir klaim Anda dalam waktu yang telah di tentukan.
    • Cantumkan informasi mengenai nama bank dan cabang serta nomor rekening Anda untuk keperluan pembayaran klaim.Berkas lengkap klaim dapat di kirim ke :
      PT Asuransi CIGNA
      Menara Kadin Indonesia Lt. 6
      Jl. HR Rasuna Said Blok X -5 Kav. 02 – 03
      Jakarta 12950
      Tel. 021 – 5299 6080 / 0804-1-808080
      Fax. 021 – 5299 6007
      U.p. Bag. Klaim
  2. Dokumen apa saja yang harus disertakan saat saya mengajukan klaim?
    Dokumen yang disertakan saat pengajuan klaim berbeda-beda tergantung jenis asuransi yang Anda miliki yang secara umum dapat dikategorikan sebagai berikut:Klaim Perawatan Rumah Sakit dan Pembedahan

    1. Formulir klaim perawatan (dari CIGNA)
    2. Formulir Keterangan dokter (dari CIGNA)
    3. Kwitansi dan rincian transaksi pembayaran dari Rumah Sakit Asli / fotocopy yang dilegalisir
    4. Fotocopy hasil laboratorium (jika ada)
    5. Laporan Kepolisian (jika perawatan karena kecelakaan ) asli / fotocopy yang dilegalisir

    Klaim Meninggal Dunia

    1. Formulir klaim meninggal (dari CIGNA)
    2. Formulir keterangan dokter (dari CIGNA)
    3. Fotocopy KTP
    4. Fotocopy Kartu Keluarga yang dilegalisir
    5. Surat kematian dari pemda setempat asli/ fotocopy yang di legalisir
    6. Surat laporan kematian dari RT/ RW asli / fotocopy yang dilegalisir
    7. Laporan Kepolisian (jika meninggal karena kecelakaan ) asli / fotocopy yang dilegalisir
    8. Surat keterangan dari Rumah Sakit ( jika meninggal karena sakit ) asli / fotocopy yang dilegalisir
    9. Untuk Produk Perlindungan Kartu Kredit disertakan Billing Statement /L embar T agihan 3 bulan terakhir sebelum meninggal dan 1 bulan sesudah meninggal
    10. Untuk Produk Perlindungan Jiwa Kredit disertakan Surat Pengajuan Klaim dari Bank dan Loan Ledger/ Loan Amortization

    Klaim Ketidakmampuan Tetap/ Sementara

    1. Formulir Klaim Ketidakmampuan (dari CIGNA)
    2. Surat Keterangan Dokter (dari CIGNA)
    3. Foto kopi Kartu keluarga
    4. Fotokopi KTP
    5. Hasil pemeriksaan laboratorium / penunjang medis (asli / fotocopy yang dilegalisir)
    6. Surat pengantar dari bank
    7. Loan Ledger/ Loan Amortization
    8. Laporan Kepolisian (jika meninggal karena kecelakaan) (asli / fotocopy yang dilegalisir)
  3. Berapa lama proses yang diperlukan untuk klaim sampai pembayaran klaim dilakukan?
    Pembayaran santunan atas klaim yang berlaku akan di lakukan paling sedikit 14 hari kerja setelah dokumen lengkap (tanpa diperlukan investigasi lebih lanjut)
  4. Apa saja yang perlu saya ketahui apabila ingin mengajukan klaim?
    Pastikan bahwa klaim yang diajukan tidak termasuk pengecualian, pre-existing dan masa tunggu 15 hari (terdapat dalam polis)
  5. Apakah dibolehkan mengirimkan foto copy dokumen yang dibutuhkan untuk kelengkapan klaim?
    Pada saat pengajuan klaim, hanya isian pada formulir klaim yang harus asli. Untuk dokumen pendukung lainnya diperbolehkan menyertakan dokumen yang di fotocopy dan telah dilegalisir.

PERTANYAAN UMUM MENGENAI ASURANSI – TERMS & CONDITION

  1. Apa yang dimaksud dengan Polis?
    Polis Asuransi merupakan bukti kepesertaan dan kontrak asuransi antara Anda sebagai Pemegang Polis dan atau Tertanggung dengan PT Asuransi CIGNA sebagai Penanggung. Sebagai dokumen yang sangat berharga, pastikan bahwa semua yang tercantum di dalamnya sudah dimengerti dengan benar.Simpanlah ditempat yang aman dan segera hubungi kami bila hilang atau rusak. Begitu pula bila Anda pindah alamat, mohon segera beritahukan kami agar komunikasi melalui surat menyurat antara Anda dengan kami terus berlanjut.

    A ) Apa yang harus saya lakukan bila Polis saya hilang?

    Anda dapat mengajukan pencetakan Polis Duplikat dengan melengkapi syarat sbb. :- Surat permohonan pencetakan Polis dari Pemegang Polis
    – Fotokopi kartu Identitas yang masih berlaku (KTP, SIM atau Paspor)

  2. Apa yang dimaksud dengan Premi?
    Premi adalah sejumlah uang yang wajib dibayar oleh Pemegang Polis (Anda) kepada Penanggung (PT Asuransi CIGNA) seperti tertuang dalam Polis.A ) Bagaimana cara pembayaran premi?

    Pembayaran premi dilakukan melalui pendebetan rekening atau kartu kredit Anda secara otomatis. Oleh karena itu pastikan Anda menyediakan dana yang cukup di rekening atau kartu kredit Anda pada saat pendebetan premi.

    Apabila nomor rekening / kartu kredit atau tanggal masa berlaku kartu kredit Anda berubah, maka segera beritahukan kami untuk kelancaran proses pendebatan premi Anda.

    B ) Apakah bukti yang saya terima jika saya membayar premi asuransi?

    Transaksi pendebetan pada Rekening Koran, Buku Tabungan atau lembar tagihan kartu kredit Anda merupakan bukti pembayaran premi.

    C ) Apa dampak terhadap Polis, apabila saya belum membayar Premi setelah melewati jatuh tempo?

    Polis Anda menjadi tidak Aktif ( lapse ) dan perlindungan asuransi Anda menjadi batal dengan sendirinya.

  3. Kalau saya tidak punya kartu kredit atau tidak menjadi nasabah dari bank yang menjadi mitra usaha CIGNA, dapatkah saya membeli produk asuransi CIGNA?
    Untuk pembelian produk asuransi yang diluncurkan dengan mitra usaha kami, maka pembayaran premi asuransi harus dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau rekening di bank atau lembaga keuangan tersebut. Sedangkan untuk pembelian produk asuransi yang dikeluarkan oleh CIGNA sendiri , maka pembayaran bisa dilakukan melalui kartu kredit VISA/ MASTER .
  4. Apa yang harus saya lakukan apabila saya ingin merubah data dalam Polis?
    Anda dapat melakukan perubahan polis pada saat status polis dalam keadaan aktif. Jenis perubahan yang dapat Anda ajukan adalah sbb :

    No. Jenis Perubahan Syarat Dokumen
    12
    3
    4
    5
    6
    7
    Koreksi Penulisan Nama
    – Pemegang Polis
    – Tertanggung
    – Tertunjuk/ Ahli Waris
    Alamat korespondensi
    Koreksi tanggal lahir
    Nomor rekening atau Kartu kredit
    Tanggal masa berlaku kartu kredit (expired date)
    Penambahan/ pengurangan Nama Tertunjuk/ Ahli Waris
    Pemegang Polis
    - Form Perubahan (bisa diperoleh
    di Customer Service CIGNA) *( u/ no 1 – 7 )- Foto Kopi Kartu Identitas *( u/ no 1 – 7 )
    8 Kenaikan Manfaat Asuransi - Data change form
    – Photocopy of ID Card
    – Health Status Form
  5. Siapakah yang berhak menerima manfaat asuransi ?
    Pemegang Polis dan atau Tertunjuk/ Ahli Waris seperti yang tercantum dalam polis dan atau perubahan- perubahannya.
    Manfaat asuransi dapat diajukan apabila status polis dalam keadaan aktif.

    No. Jenis Perubahan Syarat Dokumen
    12 Santunan Perawatan Rumah SakitSantunan Cacat Tetap / Sebagian - Foto Kopi Kartu Identitas
    – Form Klaim (disediakan CIGNA)
    – Perincian Biaya Perawatan di Rumah Sakit
    – Kwitansi Asli/Legalisir dari Rumah Sakit
    – Hasil pemeriksaan medis (bila ada/diperlukan)
    – Dokumen lain sebagaimana diperlukan Perusahaan
    3 Santunan Kematian - Foto kopi Kartu Identitas
    – Foto kopi Kartu Keluarga
    – Form Klaim (disediakan CIGNA)
    – Surat Keterangan Kematian dari Pemerintah Daerah setempat.
    – Berita Acara Kepolisian untuk kematian tidak wajar (misalnya kecelakaan/kematian dirumah)
    – Surat Keterangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia setempat apabila meninggal di luar wilayah Republik Indonesia
    – Surat Keterangan kematian dari Dokter/Rumah Sakit
    – Dokumen lain sebagaimana diperlukan Perusahaan

    Untuk pertanyaan atau informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami di :

    Customer Service PT Asuransi CIGNA
    Menara Kadin Indonesia Lt. 6 Faks : (021) 5299 6007
    Jl. HR. Rasuna Said Blok X-V, Kav 02-03
    Jakarta 12950
    Telp : (021) 5299-6080 dan 0804-1-808080
    Faks : (021) 5299 6007
    E-mail: customer.services.indonesia@cigna.com

2 Tanggapan to “CIGNA SERVICE”

  1. Evi Noviati Says:

    selama ini premi saya selalu didebet dari kartu atm mandiri, karena atm nya hilang bagaimana cara nya supaya saya bisa transfer melaui bank bjb.

  2. SADEWA Says:

    perlu adanya program trafeling (wisata) dan KREDIT PENINGKATAN USAHA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: