Asuransi Kesehatan bagi Perusahaan

Biaya Menjadi Begitu Penting

Manajemen perlu memiliki langkah strategis yang mampu mempertahankan tingkat keuntungan yang memadai agar perusahaan dapat  berkembang. Untuk maksud tersebut, disamping manajemen harus fokus kepada “core bussiness” nya, upaya-upaya dalam rangka meningkatkan produktivitas karyawan perlu mendapat perhatian yang lebih dari manajemen seperti penyediaan jaminan pemeliharaan kesehatan.  Disisi lain manajemen tetap dituntut untuk mampu melakukan efisiensi pembiayaan dan menghindari risiko-risiko usaha yang berpotensi menimbulkan biaya tinggi.

Penyediaan fasilitas jaminan pemeliharaan kesehatan telah menjadi hal yang cukup memusingkan para manajemen perusahaan, dikarenakan memerlukan disiplin administrasi yang tinggi serta bukan merupakan keahliannya. Disatu sisi fasilitas ini begitu dibutuhkan oleh karyawan (dan pensiunan), disisi lain pengadaan fasilitas ini membutuhkan biaya yang tidak kecil, meningkat setiap tahunnya dan bahkan cenderung tidak terkendali apabila tidak ditangani secara profesional. Biaya penyediaan fasilitas kesehatan karyawan merupakan salah satu unsur biaya karyawan yang berpotensi tidak terkendali sehingga memerlukan perhatian khusus.

Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Karyawan dan Pensiunan

Jaminan Pemeliharaan Kesehatan memiliki karakteristik, sebagai berikut :

  1. Keanekaragaman penyakit dengan proses penyembuhannya. Jenis dan berbagai penyebab seseorang terserang penyakit memunculkan keanekaragaman fasilitas penyembuhan seperti praktek dokter, pelayanan rumah sakit termasuk berbagai jenis peralatannya dan obat-obatan. Lingkup proses penyembuhan suatu penyakit yang beraneka ragam ini memerlukan keahlian tersendiri.
  2. Administratif. Penggantian biaya kesehatan bersifat ritel dan terjadi secara harian. Rincian detil informasi yang terkandung dalam proses penggantian biaya penyembuhan memerlukan disiplin administrasi yang tinggi.
  3. Biaya penyediaan fasilitas kesehatan meningkat setiap tahun. Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa biaya setiap jenis pelayanan kesehatan setiap tahunnya meningkat lebih tinggi dari tingkat inflasi umum.
  4. Risiko yang dihadapi. Sakit tidak mengenal siapa, kapan dan dimana. Serangan penyakit dapat terjadi terhadap setiap karyawan setiap saat. Dari sudut pandang perusahaan ketidakpastian terjadinya penyakit, jenis dan proses penyembuhan memunculkan risiko penyediaan biaya yang besarnya tidak dapat diduga.

 Tantangan Perusahaan

Karakteristik penyediaan fasilitas kesehatan diatas memunculkan tantangan perusahaan untuk mampu mengendalikan biaya penyediaan fasilitas kesehatan sebagai berikut:

  1. Mampu memenuhi kebutuhan karyawan
  2. Mampu melakukan administrasi yang baik
  3. Mampu memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan sesuai dengan         yang seharusnya
  4. Mampu menghindari risiko terjadinya kenaikan biaya kesehatan diatas       batas normal.
  5. Mampu memenuhi batas-batas kemampuan perusahaan

Lihat juga ” 9 Prinsip Penyelenggaraan Asuransi Kesehatan yang Ideal

About these ads

Tag: , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: